INVERSE SQUARE LAW FORCE SUDAHKAH KITA DEKAT DENGAN TUHAN ??



Sobat, marilah sejenak kita pandang langit yang dihiasi gemerlap bintang atau bayangkan dalam alam logika interaksi mikroskopis antara muatan-muatan. Tampaklah keteraturan alam ini jika kita berpikir tentang pola-pola yang dibentuk olehnya.
Bahasa matematika adalah bahasa untuk memahami teraturan pola yang diperlihatkan oleh alam sebagai tanda kebesaran Sang Pencipta. Sedangkan bahasa matematika alam untuk menyatakan hal tersebut terangkum dalam pengetahuan matematika alam yang sering kita kenal dengan Fisika.
Bentuk gaya yang berbentuk inverse square: gaya gravitasi dan gaya colomb


Marilah kita berpikir dalam kerangka acuan fisika untuk memahami pola gaya-gaya alam sehingga kita akan menemukan secercah maksud dari Sang Pencipta menerapkan hukum-hukum pada alam semesta ini. Tinjaulah gaya alam berupa gaya gravitasi dan gaya coloumb yang telah termasyur untuk menyatakan hubungan atau interaksi antar-partikel.

Terdapat hubungan menarik antara gaya-gaya tersebut yang besarnya berbanding terbalik dengan kuadarat jaraknya. Baik gaya gravitasi sebagai akibat interaksi massa partikel maupun gaya listrik yang disebabkan interaksi coloumbik (muatan) besarnya berbanding terbalik dengan kuadrat jaraknya. Adapun dalam fisika hukum ini sering disebut Inverse Square Law Force. Lalu pelajaran apakah yang dapat kita petik melalui kerangka acuan matematika alam ini?

Sobat, Alangkah mesranya Tuhan mencipta hukum ini. Hukum yang memperlihatkan kedekatan hambanya menentukan kebesaran cinta-Nya pada makhluknya. Maka dengan rasa cinta Tuhan berfirman :
Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku”.(QS. Taha : 14)

Sederhana memang, jika seseorang cinta maka dalam ingatannya adalah sesuatu yang dicintainya, maka sudah sepantasnya sebagai hamba-Nya rasa cinta tersebut kita curahkan kepada Dzat yang paling hak untuk dicintai. Ialah Allah, Tuhan alam semesta yang memiliki langit dan bumi beserta apa yang ada di dalamnya serta Yang mencipta hukum yang tidak bisa ditolak oleh siapapun.

Maka dekatilah Rabbmu sobat, sehingga cinta-Nya makin besar. Dan janganlah kita berbuat ingkar atau Tuhan akan semakin jauh. Karena jika semakin juah, maka jauhlah cinta Rabbmu. Dan jika Tuhan sudah tidak mencintai kita kemanalah kita akan bergantung, kemanalah kita akan berharap, serta kemalah kita akan kembali.

Sobat, terlalu banyak cinta Tuhan yang telah dicurahkan pada makhluk-Nya maka sederhananya luangkanlah setitik waktu untuk mengingat-Nya.

0 Response to "INVERSE SQUARE LAW FORCE SUDAHKAH KITA DEKAT DENGAN TUHAN ??"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel