SPEKWIN32 APLIKASI ANALISIS DATA SPEKTROSKOPI

Penelitian merupakan hal yang selalu memberikan tantangan pada setiap langkahnya. Kadangkala kita merasa tertantang untuk mencari ide, tertantang saat menentukan langkah eksperimen, mungkin kita juga akan tertantang saat mengolah data eksperimen. Salah satu data yang seringkali membuat kita tertantang adalah data spektroskopi. 

Gambar 1. Logo dan shortcut Spekwin32
Data spektroskopi seringkali memiliki ribuan data yang perlu diinterpretasikan dalam bentuk grafik. Misalnya data FTIR (fourier transform infrared), PL (photolumenescence), UV/VIS. Data-data tersebut perlu kita ketahui panjang gelombang yang berkaitan dengan besaran optimum yang memiliki makna lebih. Apabila kita analisis menggunakan Mic. Excel kita akan membutuhkan waktu yang lama. Kita harus menandai satu-persatu data optimumnya, sementara banyak data yang muncul terutama pada data FTIR. 

Salah satu aplikasi yang paling sederhana dan ringan untuk menganalisis data spektroskopi adalah Spekwin32. Aplikasi ini mensupport berbagai jenis data spektroskopi dari Perkin Elmer, Shimadzu, Avantes Avasoft, ASCII, CSV, JCAMP-DX, THERMO GRAMS spc, THERMO Nicolet OMNIC, JASCO Spectra Manager, Ocean Optics, Varian Cary 50, Agilent HP8453, dll. Melalui aplikasi ini kita juga dapat menghitung dan memanipulasi data spektroskopi seperti untuk menentukan koefisien absorpsi, quantum yield, maupun fungsi-fungsi EEM. 

Aplikasi ini tersedia sebagai freeware di internet. Kita dapat mencarinya di google dan kemudian kita pilih website yang menyediakannya. Apabila Anda tertarik bisa langsung KLIK pada tautan di bawah ini:
Tautan unduhan Spekwin32
Jangan lupa baca langkah-langkah menggunakan aplikasi tersebut langsung dari websitenya ya... :D

0 Response to "SPEKWIN32 APLIKASI ANALISIS DATA SPEKTROSKOPI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel