MENULIS FISIKA ON


Menulis blog ini awalnya adalah sekadar mengisi waktu luang saya. Awalnya blog ini saya namai fisika dan sains karena kecintaan saya pada ilmu fisika khususnya dan sains pada umumnya. Awal postingan saya berupa studi mengenai fenomena-fenomena alam khususnya gejala fisis. Postingan awal yang saya nilai cukup menarik adalah fenomena pelangi.

Setelah sekian lama tidak mengupdate blog saya kembali menulis dan mencoba mengganti nama blog menjadi fisikaon.blogspot.com. Harapannya blog ini bisa bermanfaat bagi saya khususnya dan kepada pembaca pada umumnya. Saya sangat tertarik untuk terus menulis dan belajar untuk mengembangkan pengetahuan fisika. Meniliti, memahami dan menulis serta belajar tentang fisika. Tentunya banyak sekali manfaat saat belajar fisika.

Fisika mengugkap kebesaran Pencipta

Selama kuliah saya banyak terinspirasi dengan Dosen-Dosen Fisika Unnes khususnya Dr. Agus Yulianto, M.Si dan Dr. Sulhadi, M.Si yang mengaitkan fenomena-fenomena fisika dengan keindahan penciptaan Tuhan Alam Semesta, Allah SWT. Disamping itu beberapa buku yang menginspirasi seperti Al-Lama'at karya Said Nursi maupun Islam karya M. Fetullah Gullen turut serta mengiringi perjalanan saya belajar fisika dan menelusuri cakrawala Islam. Berbagai gejala alam seperti pelangi, big bang, fenomena atmosfer yang indah membentangkan rasa syukur yang tidak terkira saat memahami ilmu fisika yang mengungkap kebesaran Pencipta alam semesta ini. Tentunya sayang sekali apabila tidak saya tuangkan pada blog ini khususya pada bagian "think with physics".

Fisika ada di sekitar kita

Fenomena fisika tidak hanya mencakup fenomena yang spektakuler seperti aurora, big bang, supernova, maupun fenomena kuantum. Akan tetapi fenomena-fenomena sederhana seperti aliran air wastafel, warna atmosfer, suara alat musik muncul setiap hari dihadapan kita. Lewat fenomena sederhana yang hadir tanpa kita sadari ilmunya kita dapat mengkaji fenomena-fenomena fisika yang ada disana. Tentunya hal ini sangat menarik dan harus kita gali. Jika ditanya siapa tokoh yang paling menginspirasi tentang hal ini, saya akan memilih Prof, Mikrajuddin Abdullah yang paling memberikan banyak menginspirasi.

Fisika memandu penelitian

Ilmu fisika mencakup banyak hal dan terus berkembang di setiap jamannya. Penemuan benda atau fenomena perlu dijelaskan secara logis (ilmiah), teoretik. Baik berangkat dari teori maupun eksperimen ilmu fisika terus berkembang. Kedua metode tersebut merupakan alat fisikawan untuk mempertahankan kebenaran ilmu, meskipun tidak ada kebenaran absolut dalam fisika. Saya sendiri banyak berkembang di dunia penelitian secara eksperimental. Penelitian yang sudah dilakukan adalah nanopartikel karbon. Banyak hal yang kita pelajari saat meneliti, mulai ketekunan, kerja keras maupun disiplin ilmu yang seringkali harus melompat cabang saat meneliti. Tentunya kitapun akan banyak meraih pengetahuan saat meneliti khususnya fisika. Banyak tokoh yang menginspirasi saya di dalam penelitian diantaranya adalah Dr. rer.nat. M, F. Rasyid serta Dr. Mahardika Prasetya Aji, M.Si. Beliau telah memendam filosofi penelitian yang dalam dan membuka cakrawala penelitian bagi diri saya.

Banyak hal yang akan kita peroleh saat belajar, karena belajar adalah proses, belajar adalah meneliti, belajar adalah melapangkan hati. Mendekatkan pada Ilahi, Tuhan Alam Semesta, Allah SWT.

0 Response to "MENULIS FISIKA ON"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel