PROYEK ILMIAH

Berbicara mengenai proyek ilmiah kita pasti akan disibukkan dengan berbagai pertanyaan. Apakah proyek yang kita lakukan? Bagaimana membuat proyek yang "waw"? Apakah kita bisa meneliti dengan segala keterbatasan kita? Bagaimana membuat tulisan yang menarik dari hasil proyek kita? Pertanyaan-pertanyan tersebut tentunya membuat kita berpikir ribuan kali dan akan banyak menghalangi langkah kita dalam berkarya.

Gambar 1.  Contoh penelitian di lab
Mencari proyek ilmiah memang bukanlah hal yang mudah kita lakukan. Akan tetapi memunculkan ide bukanlah hal yang mustahil untuk kita peroleh. Oleh karena itu marilah kita untuk meningkatkan kepekaan ilmiah untuk memperolehnya. Nah, bagaimana kita dapat memperoleh kepekaan ilmiah tersebut? Untuk memperolehnya kita harus mencintai membaca artikel ilmiah. Selain itu, kita juga harus mencoba memikirkan solusi dari masalah yang hadir disekitar kita.
Gambar 2. Contoh artikel ilmiah
Artikel ilmiah merupakan gudang sumber inspirasi kita untuk memulai meneliti. Pada artikel ilmiah disajikan ide kreatif dalam menyelesaikan masalah secara ilmiah. Misalnya permasalahan sampah. Kita akan banyak menemukan karya-karya kreatif dalam menangani masalah ini. Sebagai penggiat fisika material, saya akan mendapati teknik managemen sampah menjadi material baru yang lebih aplikatif seperti tinta printer dari sampah daun, filter air dari sampah kaca, karbon aktif dari sampah ban bekas, c-dots dari sampah organik, dan banyak lagi yang bisa kita temukan. Meskipun pada awalnya kita akan sulit membaca artikel ilmiah, kita akan semakin menemukan "feelnya" apabila kita sering membacanya. Aplikasi ilmu pada kehidupan nyata akan semakin real dan termanfaatkan dengan baik.
Gambar 3. Permasalahan lingkungan bisa jadi ide penelitian
Lingkungan juga menjadi sumber inspirasi utama pada karya yang ingin kita buat. Kemampuan membaca masalah dan mencari solusinya menjadi tantangan menarik yang harus kita pikirkan. Ide sering kali muncul dengan cara ini. Tentunya kembali lagi bahwa untuk mencari solusi, pastinya kita dituntut untuk memiliki kemampuan pengetahuan dasar yang baik. Mengolah ide dari lingkungan tanpa pengetahuan membuat kita banyak meraba solusi permasalahan dalam gelap tanpa cahaya. Artinya kita tidak memiliki panduan pengetahuan yang taktis dalam menyelesaikannya. Itulah mengapa pengetahuan adalah lentera kita dalam menjalani kehidupan. Kita akan dipandu pada langkah yang baik dan benar dengan pengetahuan sebagai landasan kita.

Ide ilmiah tidaklah selalu kita sangkut pautkan pada hal yang "waw" seperti teknologi canggih ala pesawat alien di film-film fantasi. Dalam menjalankan penelitian yang terpenting adalah asas manfaat bagi masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan. Memahami setiap permasalahan kemudian kita tuangkan dalam solusi ilmiah adalah yang terpenting.

Yang paling penting lainnya, adalah kerja keras dan cinta. Apabila kita sedang mencari ide atau meneliti kita akan sering kali dihadapkan dengan hasil yang belum tentu kita inginkan. Atau kita kadang mati ide. Janganlah mudah menyerah dalam meneliti, proses itu penting dan indah. Seperti halnya kita sedang belajar fisika, indahnya persamaan bukanlah pada bentuk akhirnya tapi proses panjang, sistematis yang membentuknya. Pastinya cinta adalah segalanya. Karena cinta kita bisa bertahan dalam kondisi se-ekstrem apapun. Cinta pada ilmu membuat kita bersabar dalam meneliti, menggali rahasia dibalik setiap biji zarrah yang dihamparkan di dunia ini. 

Setiap keterbatasan alat adalah sebuah tantangan yang perlu kita wujudkan. Penelitian adalah bagaimana kita mengukur suatu hasil perlakuan. Memahami apa yang ingin kita ukur adalah hal yang mutlak untuk kita capai. Mencari metode pengukuran, memodifikasi alat adalah tantangan bagi kita yang ingin meneliti.

Selamat berkarya

2 Responses to "PROYEK ILMIAH"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel