Hukum Newton


Dalam kehidupan sehari-hari, kita melihat benda yang bergerak. Mulai mobil, motor, maupun manusia, silih berganti bergerak di hadapan kita. Gerak tersebut pastinya melibatkan besaran yang mengakibatkannya. Konsep penyebab benda bergerak pada fisika kita kenal dengan gaya.

Gaya merupakan besaran fisika yang dapat mengakibatkan benda bergerak, yaitu berupa tarikan dan dorongan. Gaya juga bisa mengakibatkan benda berubah bentuk seperti pada pegas, maupun berubah arah seperti motor yang sedang berbelok di tikungan.

Konsep gaya pertama kali dikenalkan oleh Sir Isacc Newton pada tahun 1687 melalui bukunya yang fenomenal, yaitu Mathematical Principles of Natural Philosophy.  Menurut newton gaya mengakibatkan akselerasi suatu benda. Fisikawan merangkum konsep gaya yang kemudian kita kenal dengan 3 Hukum Newton.

Hukum I Newton

" Tanpa adanya gaya yang bekerja pada benda atau apabila total gaya yang bekerja pada benda bernilai nol, benda akan tetap diam atau bergerak lurus beraran".

Hukum I Newton disebut juga dengan hukum kelembaman, atau inertia law. Contoh dari hukum I Newton adalah benda yang diam tanpa adanya gaya yang kita berikan. Contoh lainnya adalah control cruise pada mobil. Pada mobil modern, terdapat fitur ini dimana saat fitur ini diaktifkan, mobil akan memberikan gaya yang mengimbangi gaya gesek udara dan hambatan lainnya sehingga mobil akan melaju dengan kecepatan yang konstan.


Hukum II Newton

" Besarnya akselerasi suatu benda berbanding dengan gaya yang diberikan dan berbanding terbalik dengan massa benda".

Secara matematis hukum II newton dapat dituliskan:

 $$a=\frac{F}{m}$$

dimana \(a\) adalah percepatan dalam \(m/s^2\), \(F\) adalah gaya dalam N (newton), dan \(m\) adalah massa dalam kg.

Contoh:

Sebuah benda bermassa 20 kg didorong dengan gaya 100 N. Berapakah akselerasi benda akibat gaya tersebut?

Solusi:

Jelas, m = 20 kg, F = 100 N;

Maka, \(a =\frac{F}{m}=\frac{100}{20}=5 m/s^2\)

Hukum III Newton

"Apabila suatu gaya (aksi) bekerja pada suatu benda, benda tersebut akan memberikan gaya (reaksi) yang bernilai sama dengan arah yang berlawanan."



0 Response to "Hukum Newton"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel