Mengajar Fisika untuk Menguatkan Konsep Aljabar pada Materi Usaha dan Energi

Oleh: Susanto, S.Si

Instansi: SMA Cahaya Rancamaya

Tidak semua peserta didik memiliki kemampuan matematis yang mencukupi untuk memahami materi fisika.  memahami dan menerapkan konsep aljabar, persamaan linier, operasi bilangan sehingga siswa tersebut kurang baik ataupun lambat dalam memahami konsep fisika dengan baik. Materi mekanika, yaitu usaha energi memuat persamaan aljabar yang mudah untuk diteliti dalam permasalahan kemampuan aljabar peserta didik. Persamaan linear yang terdapat pada persamaan usaha, W=Fdcosθ, energi potensial yaitu \(E_p =mgh\)  serta persamaan kuadratik yaitu, \(E_k=\frac{1}{2}mv^2\) pada energi kinetik memberikan materi yang mudah untuk mengidentifikasi kemampuan aljabar peserta didik. Kemudahan dalam dalam mengidentifikasi masalah ini, menjadikan refleksi dan pencarian solusi dari akar masalah menjadi sangat mungkin terealisasi. 

Hasil dari wawancara dan studi literatur ditemukan beberapa solusi yang mungkin, yaitu pembelajaran aljabar di matematika sebaiknya tidak hanya berfokus pada kemampuan dasar aljabar ataupun sifat-sifat simbolnya saja akan tetapi makna setiap simbolnya. Selain itu, model atau metode juga sangat berperan dalam meningkatkan kemampuan peserta didik pada kemampuan aljabar seperti menggunakan metode pembelajaran coorperative learning jigsaw, model pembelajaran kooperatif learning tipe make a match dan ekspositori, serta metode pembelajaran Think Pair and Share.

Pada praktik pembelajaran, penulis menggunakan metode pembelajaran jigsaw untuk melihat efektivitas pembelajaran pada materi usaha dan energi, dan metode Think Pair and Share pada materi energi potensial dan energi mekanik.

Pada tahap awal penulis mengidentifikasi masalah yang ada di sekolah, kemudian mencari solusi yang relevan. Solusi yang relevan dituangkan dalam rencana aksi pembelajaran. Langkah dalam melaksanakan aksi dimulai dari mencari metode pembelajaran yang relevan sesuai dengan karakter siswa di sekolah. Selanjutnya penulis menyusun rencana aksi dalam bentuk perangkat rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) serta melaksanakan kegiatan pembelajaran, serta menganalisis hasil pembelajaran. Alur pelaksanaan pembelajaran dalam menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran ditunjukkan pada Gambar 1.

Gambar 1.Alur pelaksanaan pembelajaran dalam menyelesaikan masalah numerasi aljabar pada materi usaha dan energi.


Pelaksanaan pembelajaran dalam menyelesaikan masalah numerasi aljabar pada materi usaha dan energi telah dilaksanakan di SMA Cahaya Rancamaya. 
Gambar 2. Aksi pembelajaran untuk menyelesaikan pembelajaran dalam menyelesaikan masalah numerasi aljabar

Penugasan pada metode jigsaw memanfaatkan plaform Quizziz dan Goformative. Pada proses pembelajaran pertemuan pertama, pembelajaran menggunakan metode jigsaw dengan memberikan empat penugasan berbeda pada setiap kelompok. 

Hasil refleksi menunjukkan siswa tertarik metode pembelajaran jigsaw reading dan think pair share.  Hasil evaluasi siswa menunjukkan siswa sebagian besar siswa mampu mencapai nilai lebih dari 75 dan dinilai sangat efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran. 

0 Response to "Mengajar Fisika untuk Menguatkan Konsep Aljabar pada Materi Usaha dan Energi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel