Refleksi Gelombang, Pemantulan Cahaya dan Bunyi

Gelombang dapat mengalami pemantulan saat menjalar di medium yang berbeda. Cahaya semisal, ketika melewati medium yang padat seperti cermin, ia akan dipantulkan.  Begitupun dengan bunyi, akan dipantulkan saat bertemu dengan benda padat, seperti dinding dan batu. Fenomena pemantulan gelombang disebut dengan refleksi.

Pemantulan gelombang dapat dibagi menjadi dua yaitu, pemantuan teratur (specular reflection) dang pemantulan baur (diffuse reflection). Pemantulan teratur terjadi saat gelombang bertemu bidang yang rata (Gambar 1.a), sedangkan pemantulan baur terjadi saat gelombang bertemu bidang yang tidak rata (Gambar 1.b).

Gambar 1. Ilustrasi pemantulan (a) pemantulan teratur, (b) pemantulan baur

Hukum Snellius Pada Pemantulan Gelombang

Pada peristiwa pemantulan gelombang, sudut pantul akan sama dengan sudut datang. Keadaan ini disebut juga Hukum Snellius pemantulan. Sudut pantul yang sama dengan sudut datang pada peristiwa pemantulan gelombang terjadi karena lintasan optik akan minimum sehingga energi yang dibutuhkan paling minimum ketika kondisi ini terjadi.   

\(\theta _1 =\theta _2\)

Dimana \(\theta_1\) adalah sudut datang, dan \(\theta_2\) adalah sudut pantul. 

Pengukuran sudut datang dan sudut pantul

Cara menentukan sudut datang dan sudut pantul adalah dengan mengukurnya dari garis normal. Garis normal merupakan garis khayal yang ditarik tegak lurus dari normal bidang.

Gambar 2. Ilustrasi garis normal

Garis normal selalu tegak lurus terhadap bidang, dimana pada gambar ilustrasi terdapat cermin dengan berbagai orientasi yang mana garis normal ini memiliki sudut 90 derajat terhadap bidang. Pada Gambar 3 disajikan teknik mengukur sudut datang dan sudut pantul, serta contoh soal untuk menentukan sudut pantul.
Gambar 3. Ilustrasi teknik mengukur sudut datang dan sudut pantul, serta contoh soal

Untuk menentukan sudut pantul, \(\theta_2\), pada kasus ini kita perlu menentukan sudut datang \(\theta_1\) terlebih dahulu. Karena sudut antara sinar pantul dan bidang adalah \(50\circ\), sementara sudut antara garis normal dan bidang selalu \(90^\circ), maka:
\(\theta_1 = 90^{\circ} -50^{\circ} = 40^{\circ}\)
karena,\(\theta _1 =\theta _2\), maka:
\(\theta _2 =40^\circ\).

Pada bagian bawah kalian juga bisa mengeksplor fenomena pembiasan melalui web aplikasi phet colorado berikut!  

Cara untuk melakukan praktek sederhana dapat menyimak videonya ya...Enjoy your time!

0 Response to "Refleksi Gelombang, Pemantulan Cahaya dan Bunyi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel