Memanen Energy dari Fusi Laser

Para ilmuwan berhasil mencapai terobosan besar dalam bidang fusi nuklir pada akhir tahun 2022. Dalam sebuah eksperimen, mereka berhasil membuat reaksi fusi nuklir yang menghasilkan energi lebih banyak daripada energi yang dibutuhkan untuk memulai reaksi tersebut. Ini adalah pertama kalinya manusia dapat menghasilkan energi bersih melalui fusi nuklir. Pencapaian ini sangat signifikan karena membuka jalan bagi sumber energi masa depan yang bersih dan tak terbatas.

Penjelasan Singkat:

Fusi nuklir adalah proses penggabungan atom-atom ringan menjadi atom yang lebih berat, melepaskan energi dalam jumlah besar. Proses ini sama dengan reaksi yang terjadi di matahari. Para ilmuwan telah berusaha selama bertahun-tahun untuk mengendalikan reaksi fusi nuklir di laboratorium, dan eksperimen pada tahun 2022 ini merupakan langkah maju yang sangat penting.

Poin-poin penting yang perlu digarisbawahi:

  • Terobosan besar: Eksperimen ini menandai pertama kalinya manusia dapat menghasilkan energi bersih melalui fusi nuklir.
  • Energi bersih: Fusi nuklir tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca, sehingga merupakan sumber energi yang sangat bersih.
  • Potensi tak terbatas: Deuterium, salah satu bahan bakar fusi nuklir, dapat ditemukan dalam jumlah yang sangat besar di air laut. Ini berarti potensi energi fusi nuklir sangat besar.

Implikasi:

Jika teknologi fusi nuklir dapat dikembangkan lebih lanjut, maka kita akan memiliki sumber energi yang bersih, aman, dan hampir tak terbatas. Ini akan sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah perubahan iklim dan krisis energi.

Referensi:

https://pubs.aip.org/physicstoday/article/77/8/44/3304680/Harnessing-energy-from-laser-fusionA-new-goal-for?searchresult=1 

0 Response to "Memanen Energy dari Fusi Laser"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel